Read more: http://pelajaran-blog.blogspot.com/2012/06/cara-ii-membuat-komentar-facebook-di.html#ixzz1zCxk6JZi

Selasa, 12 Juni 2012

HUKUM MENINGGALKAN SHALAT.

HUKUM MENINGGALKAN SHALAT.


الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد:
فلا شك أن الصـلاة عماد الدين، وهي الفارقة بين الكفر والإيمان، كما قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "إن بين الرجل وبين الكفر ـ أو الشرك ـ ترك الصلاة" أخرجه مسلم، وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "العهد الذي بيننا وبينهم الصلاة، فمن تركها فقد كفر" رواه أحمد وأبو داود والنسائي والترمذي، وقال: حسن صحيح، وابن ماجه، وابن حبان في صحيحه، والحاكم. 


Tidak diragukan lagi bahwa shalat adalah tiang agama. Shalat yang menjadi pembeda antara kekafiran dan keimanan, sebagaimana sabda Rasulullah Saw: “Sesungguhnya (perbedaan) antara seseorang dan kekafiran –atau kemusyrikan- adalah meninggalkan shalat”. (HR. Muslim). Rasulullah Saw bersabda: “Perjanjian antara kami dan mereka adalah shalat. Siapa yang meninggalkan shalat, maka sungguh ia telah kafir”. (HR. Ahmad, Abu Daud, an-Nasa’i dan at-Tirmidzi. Imam at-Tirmidzi berkata: “Hadits hasan shahih”. Ibnu Majah, Ibnu Hibban dalam kitab Shahihnya dan al-Hakim).

وقال عمر بن الخطاب رضي الله عنه: "لا حظ في الإسلام لمن ترك الصلاة"، وقال عبد الله بن شقيق: كان أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم لا يرون من الأعمال شيئاً تركه كفر إلا الصلاة، وعن ابن عباس رضي الله عنهما قال: "من ترك الصلاة فقد كفر" رواه المروزي في تعظيم قدر الصلاة، والمنذري في الترغيب والترهيب. وعن جابر بن عبد الله رضي الله عنهما قال: "من لم يصل فهو كافر" رواه ابن عبد البر في التمهيد (4/226) والمنذري في الترغيب والترهيب(1/439).
Umar bin al-Khaththab berkata: “Tidak ada keberuntungan dalam Islam bagi orang yang meninggalkan shalat”. Abdullah bin Syaqiq berkata: “Para shahabat tidak melihat suatu amal, jika ditinggalkan maka seseorang menjadi kafir, kecuali shalat”. Dari Ibnu Abbas, ia berkata: “Siapa yang meninggalkan shalat, maka sungguh ia telah kafir”. Diriwayatkan oleh al-Marwazi dalam Ta’zhim Qadr ash-Shalah dan al-Mundziri dalam at-Targhib wa at-Tarhib. Dari Jabir bin Abdillah, ia berkata: “Siapa yang tidak shalat, maka ia telah kafir”. Diriwayatkan oleh Ibnu Abdilbarr dalam at-Tamhid (4/226) dan al-Mundziri dalam at-Targhib wa at-Tarhib (1/439).
ولا يخفى أن هذه العقوبة لمن ترك الصلاة بالكلية، أما من يصليها لكنه يتكاسل في أدائها، ويؤخرها عن وقتها، فقد توعده الله بالويل فقال: (فويل للمصلين الذين هم عن صلاتهم ساهون) [الماعون: 5].
والويل هو: واد في جهنم ـ نسأل الله العافية ـ وكيف لا يحافظ المسلم على أداء الصلاة، وقد أمرنا الله بذلك فقال: (حافظوا على الصلوات والصلاة الوسطى وقوموا لله قانتين) [البقرة: 238]. فأي مصيبة أعظم من عدم المحافظة على الصلاة!!.
Tidak diragukan bahwa hukuman itu bagi orang yang meninggalkan shalat secara keseluruhan. Adapun orang yang melaksanakan shalat, akan tetapi ia melaksanakannya dengan bermalas-malasan, shalat di akhir waktu, maka Allah mengancamnya dengan neraka Wail. “Maka neraka Wail lah bagi orang yang lalai melaksanakan shalat”. (Qs. Al-Ma’un: 5). Wail adalah lembah di neraka Jahanam. Kita memohon agar diselamatkan dari itu. Bagaimana mungkin seorang muslim tidak melaksanakan shalat, padahal Allah telah memerintahkan: “Jagalah shalat-shalat kamu dan shalat Wustha. Tegaklah bersama-sama orang yang melaksanakan shalat”. (Qs. Al-Baqarah: 238). Adakah musibah yang lebih besar daripada tidak menjaga shalat?!

ونقول للسائل: لم لا تصلي؟ ألا تخاف من الله؟ ألا تخشى الموت؟.
أما تعلم أن أول ما يحاسب عليه العبد يوم القيامة الصلاة، كما قال الرسول صلى الله عليه وسلم: "أول ما يحاسب عليه العبد الصلاة، فإن صلحت فقد أفلح وأنجح، وإن فسدت فقد خاب وخسر" رواه الترمذي وحسنه، وأبو داود والنسائي.
Kami katakan kepada orang yang tidak shalat: “Mengapa engkau tidak melaksanakan shalat?”. Apakah engkau tidak takut azab Allah? Apakah engkau tidak takut kepada kematian?
Apakah engkau tidak mengetahui bahwa yang pertama dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalat? Sebagaimana sabda Rasulullah Saw: “Yang pertama dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Jika shalatnya benar, maka ia menang dan beruntung. Jika shalatnya rusak, maka ia sia-sia dan merugi”. (HR. At-Tirmidi, menurut at-Tirmidzi: hadits hasan. Abu Daud dan an-Nasa’i).

وماذا يكون جوابك لربك حين يسألك عن الصلاة؟
ألا تعرف أن النبي صلى الله عليه وسلم يعرف أمته يوم القيامة بالغرة والتحجيل من أثر الوضوء، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "إن أمتي يدعون يوم القيامة غراً محجلين من أثر الوضوء" رواه البخاري ومسلم و(الغرة): بياض الوجه، و(التحجيل): بياض في اليدين والرجلين.
كيف بالمرء حينما يأتي يوم القيامة، وليس عنده هذه العلامة، وهي من خصائص الأمة المحمدية، بل لقد وصف الله أتباع الرسول صلى الله عليه وسلم بأنهم: (سيماهم في وجوههم من أثر السجود) [الفتح: 29].
Apa jawabanmu terhadap tuhanmu ketika ia bertanya kepadamu tentang shalatmu?
Apakah engkau tidak mengetahui bahwa Rasulullah Saw mengenali ummatnya pada hari kiamat dengan cahaya di wajah mereka karena bekas wudhu’. Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya ummatku pada hari kiamat bercahaya karena bekas wudhu’.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim). Makna Ghurrah adalah: wajah yang putih bercahaya. Makna Tahjil adalah: putih bercahaya kedua tangan dan kedua kaki.
Bagaimana jika seseorang datang pada hari kiamat tanpa ada tanda ini di tubuhnya, padahal tanda ini adalah keistimewaan ummat nabi Muhammad Saw. Bahkan Allah menyebut sifat pengikut nabi Muhammad Saw dengan: “Terlihat di wajah mereka bekas sujud”. (Qs. Al-Fath: 29).

وقد تكلم العلماء باستفاضة عن عقوبة تارك الصلاة ، كما في كتاب الزواجر عن اقتراف الكبائر لابن حجر الهيتمي .
كما أن ترك الصلاة من المعاصي العظيمة، ومن عقوبات المعاصي أنها: تنسي العبد نفسه، كما قال الإمام ابن القيم: فإذا نسي نفسه أهملها وأفسدها، وقال أيضا: ومن عقوباتها أنها: تزيل النعم الحاضرة وتقطع النعم الواصلة، فتزيل الحاصل وتمنع الواصل، فإن نعم الله ما حفظ موجودها بمثل طاعته، ولا استجلب مفقودها بمثل طاعته، فإن ما عند الله لا ينال إلا بطاعته..
Para ulama telah membahas tentang hukuman meninggalkan shalat sebagaimana yang telah disebutkan dalam kitab az-Zawajir ‘an Iqtiraf al-Kaba’ir karya Imam Ibnu Hajar al-Haitsami. Bahwa meninggalkan shalat itu termasuk perbuatan maksiat yang besar. Diantara hukuman bagi pelaku maksiat adalah: dilenyapkan nikmat yang ada, diputus nikmat yang berkesinambungan. Yang ada menjadi hilang, yang berkesinambungan menjadi terhalang. Sesungguhnya nikmat-nikmat Allah itu dijaga dengan tetap taat kepada-Nya. Tidak mungkin mendapatkan yang hilang melainkan dengan ketaatan kepada-Nya. Sesungguhnya nikmat yang ada di sisi Allah tidak akan diterima melainkan dengan ketaatan kepada-Nya.
ومن عقوبة المعاصي أيضاً: سقوط الجاه والمنزلة والكرامة عند الله، وعند خلقه، فإن أكرم الخلق عند الله أتقاهم، وأقربهم منه منزلة أطوعهم له، وعلى قدر طاعة العبد تكون له منزلة عنده، فإذا عصاه وخالف أمره سقط من عينه، فأسقطه من قلوب عباده. ومن العقوبات التي تلحق تارك الصلاة: سوء الخاتمة، والمعيشة الضنك، لعموم قوله تعالى: (ومن أعرض عن ذكري فإن له معيشة ضنكاً ونحشره يوم القيامة أعمى) [طه: 124]. وينظر كلامه رحمه الله في كتابه: الداء والدواء.


Diantara hukuman pelaku maksiat juga adalah: runtuhnya kemuliaan dan kehormatan di sisi Allah Swt dan di tengah-tengah makhluk-Nya. Orang yang paling mulia di sisi Allah adalah orang yang paling taqwa. Orang yang paling dekat adalah orang yang paling taat. Kedekatan seorang hamba diukur dari kadar ketaatannya. Jika ia melakukan perbuatan maksiat, menentang perintah-Nya, maka jatuhlah kedudukannya di mata Allah, jatuhlah ia dari hati hamba-hamba-Nya. Diantara hukuman yang menyertai orang yang meninggalkan shalat adalah: su’ulkhotimah, kehidupan yang sempit, makna umum dari ayat: “Siapa yang berpaling dari mengingat Aku, maka kehidupannya akan sempit, dan Kami bangkitkan ia pada hari kiamat dalam keadaan buta”. (Qs. Thaha: 124). Lihat dalam kitab: ad-Da’ wa ad-Dawa’.

ولا ريب أن الفقهاء قد اتفقوا على أن من ترك الصلاة جحوداً بها، وإنكاراً لها فهو كافر خارج عن الملة بالإجماع، أما من تركها مع إيمانه بها، واعتقاده بفرضيتها، ولكنه تركها تكاسلاً، أو تشاغلاً عنها، فقد صرحت الأحاديث بكفره، ومن العلماء من أخذ بهذه الأحاديث فكفَّر تارك الصلاة، وأباح دمه، كما هو مذهب الإمام أحمد، وهذا هو المنقول عن أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم، وحكى عليه إسحاق بن راهوية إجماع أهل العلم ، وقال محمد بن نصر المروزي: هو قول جمهور أهل الحديث (جامع العلوم والحكم 1/147) وهو اختيار شيخ الإسلام ابن تيمية.
Tidak diragukan lagi bahwa para Ahli Fiqh sepakat bahwa orang yang meninggalkan shalat karena ingkar, maka ia kafir, telah keluar dari agama Islam, berdasarkan Ijma’ ulama. Adapun orang yang meninggalkan shalat, tetap percaya bahwa shalat itu wajib, meyakini kewajibannya, akan tetapi ia meninggalkan shalat karena malas, atau sibuk, maka hadits menyatakannya kafir. Diantara ulama yang menjadikan hadits ini sebagai dalil mengkafirkan mereka yang meninggalkan shalat dan menghalalkan darah mereka sebagaimana yang disebutkan dalam mazhab Imam Ahmad. Pendapat ini diriwayatkan dari para shahabat Rasulullah Saw. Ishaq bin Rahawaih meriwayatkan Ijma’ ulama tentang masalah ini. Muhammad bin Nashr al-Marwazi berkata: “Ini pendapat para ahli hadits”. (Jami’ al-‘Ulum wa al-Hikam: 1/147). Ini pendapat yang dipilih oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiah.


ومن العلماء من رأى أن تارك الصلاة يقتل حداً لا كفراً، وبذلك قال الإمامان: مالك والشافعي رحمهما الله. ومنهم من رأى أنه يحبس حتى يصلي، وهو الإمام أبو حنيفة ـ رحمه الله ـ والراجح أن تارك الصلاة يستتاب، فإن تاب وإلا قتل على أنه مرتد، لما تقدم من الأحاديث، ولقوله صلى الله عليه وسلم: "رأس الأمر الإسلام وعموده الصلاة، وذروة سنامه الجهاد" رواه الترمذي وصححه. قال ابن تيمية: ومتى وقع عمود الفسطاط وقع جميعه، ولم ينتفع به. وقال (ولأن هذا إجماع الصحابة) رضي الله عنهم. انتهى من شرح العمدة.
وختاما ننصح السائل بالرجوع إلى الله والحرص على الصلاة. نسأل الله له التوفيق. والله أعلم.


Diantara ulama ada yang berpendapat bahwa orang yang meninggalkan shalat itu dijatuhi hukuman hadd dihukum mati, bukan kafir. Demikian menurut pendapat Imam Malik dan Imam Syafi’i. Ada diantara ulama yang berpendapat bahwa orang tersebut dipenjara hingga ia mau shalat, ini pendapat Imam Abu Hanifah. Pendapat yang kuat, orang yang meninggalkan shalat itu diperintahkan agar bertaubat, jika ia tidak mau bertaubat, maka ia dihukum bunuh karena telah murtad, berdasarkan hadits-hadits diatas dan sabda Rasulullah Saw: “Induk perkara dalam Islam dan tiangnya adalah shalat, puncak atasnya adalah jihat”. (HR. At-Tirmidzi, dinyatakan Imam at-Tirmidzi sebagai hadits shahih). Ibnu Taimiah berkata: “Ketika tiang kemah jatuh, maka runtuhlah semuanya, tidak lagi bermanfaat. Karena ini adalah Ijma’ ulama”. Selesai penjelasan dari Syarh al-‘Umdah.
Sebagai penutup, kami nasihatkan kepada penanya agar kembali kepada Allah, semangat melaksanakan shalat, kita memohon kepada Allah Swt semoga memberikan taufiq-Nya, wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar